Senin, 14 Februari 2011

Sosok Guru Terpuji Forum MGMP Batang Barat

Sabar, S.Pd


Edisi kali ini Redaksi menampilkan salah seorang sosok guru pemandu yang sudah tidak asing bagi teman-teman guru. Dia adalah Sabar, S.Pd, MT. Pria yang bertinggi badan 170cm ini lahir di Deli, Sumatra Utara 12 Maret 1967, menyelesaikan pendidikan SD dan SMP di Purworejo. Cita – citanya menjadi guru muncul sejak dia lulus SMP. Hal ini terbukti setelah menamatkan pendidikan SMP dia langsung melanjutkan di SPG Negeri Purworejo.

Semangat untuk menuntut ilmu terus ia pacu dengan melanjutkan pendidikan di IKIP Semarang pada tahun 1986. Kemudian pada tahun 1999 ia menyelesaikan pendidikan S1 pada perguruan tinggi yang sama. Kemudian Pada tahun 2007 ia mendapat kesempatan mengikuti studi S2 dengan program studi Magister Teknik Pembangunan Wilayah dan Kota, Konsentrasi Perencanaan Pendidikan, di UNDIP Semarang. Pendidikan S2 ini program beasiswa unggulan yang di selenggarakan oleh Depdiknas.

Profesi sebagai guru ia awali semenjak tahun 1989 sebagai guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Wonotunggal. Sejak awal tugas sebagai guru ia telah menunjukkan sosok guru yang berdedikasi tinggi. Di samping mengajar, dia juga aktif sebagai pengurus MGMP baik pada tingkat sub-Rayon maupun Rayon Batang. Kemudian sebagai instruktur pelatihan Guru Bahasa Inggris pada tahun 2004. Guru yang mantan kepala SMP Negeri 2 Bandar ini kini mengajar di SMP Negeri 3 Batang.

Soal pengalaman, guru yang hobinya membaca dan berkebun ini tak diragukan lagi. Setidaknya Negara Singapura dan Malaysia telah ia kunjungi pada tahun 2008 yang lalu. Dari pengalaman kunjungan ke kedua negara tersebut kita perlu mengejar berbagai ketinggalan terutama bidang sumber daya manusia.

Pak guru yang beristrikan Aini Atiqah yang berprofesi sebagai guru di SMP Negeri 7 Batang ini, mengaku berbahagia dan bersyukur telah dikarunia dua orang anak. Ditanya soal falsafah hidupnya, dia mengaku bahwa dalam menjalankan tugas sebagai guru hendaknya bukan semata-mata sebagai pekerjaan namun harus dilakukan dengan penuh keikhlasan dan diniati dengan ibadah.

–mas_rozikin–

Tidak ada komentar:

Posting Komentar