Senin, 14 Februari 2011

NOTULA REPRESENTASI KEGIATAN LESSON STUDY ( OPEN CLASS ) MGMP BERMUTU BAHASA INDONESIA POKJA II KABUPATEN BATANG

Hari/Tanggal : Senin, 16 November 2009

Waktu : 11.00 – 12.00 Wib

Tempat : SMP Negeri 1 Wonotunggal

Peserta : 21 orang

Susunan Acara :

1. Pembukaan

2. Penjelasan Umum

3. Kesan-kesan dari Guru Peserta

4. Tanggapan/Komentar Observer

5. Lain-lain

6. Penutup

A. Pembukaan

Kegiatan representasi dibuka dengan membaca basmalah bersama

B. Penjelasan Umum oleh Guru Pemandu ( Eko Priyandono, S.Pd )

1. Tujuan representasi adalah untuk memberikan imbal balik antara guru peserta dan observer dalam rangka kegiatan pembelajaran di sekolah masing-masing

2. Tanggapan dan komentar bukan ditujukan untuk guru peserta, tetapi lebih ditekankan pada respon, partisipasi, dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung

3. Kegiatan Lesson Study merupakan rangkaian proses dalam Penelitian Tindakan Kelas. Hal ini agar ditindaklanjuti oleh guru-guru peserta MGMP bermutu untuk juga dilaksanakan sekolah masing- masing. Hasil kegiatan yang berupa nilai siswa, angket, penilaian observer, dan instrumen-instrumen lain akan menjadi sumber rujukan dalam pembuatan PTK (Classroom Action Researc )

C. Kesan-kesan dari Guru Peserta / Guru Model (Wahyu Arinudin, S.Pd )

1. Pada awal kegiatan ada perasaan sedikit grogi. Namun, segera dapat mengatasi perasaan tersebut.

2. Ada kesan bahwa para siswa nampak lelah, mungkin karena selesai mengikuti kegiatan Persami.

3. Walau anak-anak kelihatan lelah, tetapi mereka tetap antusias dan menuruti arahan dan perintah guru.

4. Kegiatan lesson study tadi sebaiknya dilengkapi dengan sound system, sehingga tidak terlalu menguras energi. Juga partisipasi siswa lebih maksimal.

5. Sebelum menjadi guru model, sudah berusaha maksimal untuk mempersiapkan diri termasuk konsultasi dan diskusi-diskusi kecil dengan guru pemandu.

D. Tanggapan – tanggapan dan Komentar Observer

1. Dimyati, S.Pd ( SMP 1 Bandar )

a. Guru model kurang menggali pertanyaan-pertanyaan yang mengacu ke topik.

b. Kegiatan inti bagus, keaktifan siswa bagus

c. Pada kegiatan penutup, sudah memberikan penguatan dengan menyampaikan sistematika,bahasa, dan bentuk surat pribadi sedangkan hal lain kurang diperhatikan. Akibatnya, tugas untuk membuat surat pribadi kurang orisinil ( beberapa kelompok hanya mengganti alamat surat dan tanggal dari contoh surat yang diberikan )

2. Rumanti, S.Pd ( SMP 2 Bandar )

a. Persiapan yang dilakukan guru cukup baik, diantaranya mempersiapkan kelas dengan LCD, media pembelajaran, perangkat, dan angket siswa.

b. Skenario pembelajaran sudah baik yaitu dimulai dari pembukaan (perkenalan dan apersepsi), kegiatan inti, dan penutup.

c. Pada kegiatan apersepsi, sebelum guru menjelaskan pengertian surat pribadi, alangkah baiknya guru mengajukan pertanyaan yang memotivasi siswa, misalnya: Pernahkah kalian menulis surat?

d. Pada kegiatan inti sudah baik. Namun, lebih baik lagi perwakilan dari kelompok yang mendapatkan tugas yang sama diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya.

e. Pada kegiatan penutup, terkesan tergesa-gesa sebab waktunya hanya lima menit.

f. Berkaitan dengan apersepsi yang tepat pada awal pembelajaran, tentu akan berdampak pada tugas siswa yang lebih orisinil, tidakhanya mengganti dari contoh yang diberikan.

g. Secara keseluruhan, KBM sudah berjalan sesuai dengan rencana dan keaktifan siswa terkendali.

3. Nur Hayati, S.Pd ( SMP 2 Wonotunggal )

a. Siswa sudah aktif dalam KBM.

b. Keaktifan siswa lebih dari 80 %

c. KBM sudah berjalan dengan baik

4. Mahfiyah, S.Pd ( SMP 1 Wonotunggal )

a. Media kurang dimanfaatkan

b. Model pembelajaran Jigsaw banyak nilai positifnya.

5. Mundoaf, S.Pd ( SMP 2 Blado )

a. Guru sudah ada persiapan media

b. Proses pembelajaran bagus

c. Dalam apersepsi, tidak diungkapkan manfaat menulis surat pribadi dan tujuan pembelajaran.

6. Nisrina, S.Pd ( SMP 4 Bandar )

a. Kegiatan awal sudah bagus

b. Pada kegiatan inti belum disampaikan keterkaitan pembelajaran dengan realita kehidupan.

c. Siswa tak diberi kesempatan menyampaikan hasil diskusi.

7. Didik Kurniawan, S.Pd ( SMP 4 Bandar )

a. Sebagian besar siswa memang sudah aktif, tetapi yang lain nampak hanya ikut-ikutan saja.

b. Penampilan guru sudah bagus.

8.Suyaenah, S.Pd ( SMP 3 Batang )

a. Pengertian surat kurang luas, sehingga siswa kurang memahami sepenuhnya.

D. Lain – lain

Indikator keberhasilan Lesson Study ada tiga :

1. 85 % siswa mencapai KKM yaitu 63 dengan bukti analisis data nilai.

2. Tujuh dari sepuluh kelompok siswa aktif dengan kategori baik.

3. Siswa merespons secara positif terhadap pembelajaran model jigsaw > 85 % dengan bukti angket.

E. Penutup

Kegiatan representasi Lesson Study diakhiri dengan membaca hamdallah bersama.

Wonotunggal, 16 November 2009

Pembuat Notulen,

Rumanti, S.Pd SMP Negeri 2 Bandar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar