Senin, 14 Februari 2011

Konversi Nilai Sederhana

Oleh: M. Masruh, S.Pd

(Guru Matematika SMP Negeri 1 Wonotunggal)

S

alah satu tugas yang harus diselesaikan oleh guru adalah memberikan penilaian akhir (Nilai Rapor). Proses pengolahan nilai akhir ini terlihat sangat sederhana cukup kita hitung sesuai dengan formula yang telah ditetapkan sekolah, selesai. Apalagi didukung dengan mesin pengolahan data yang canggih (computer), dalam beberapa jam nilai tersebut sudah jadi.

Namun demikian untuk beberapa Bapak Ibu guru termasuk penulis seringkali dihadapkan dengan masalah banyak siswa yang memperoleh nilai ulangan jelek (dibawah KKM) terutama pelajaran yang sulit seperti matematika. Memang kewajiban guru untuk menuntaskan nilai dibawah KKM tersebut. Berbagai macam cara dilakukan dari mengulang pelajaran, mempermudah soal remidi, memberikan tugas, sampai harus mengkonversi hasil ulangan tersebut. Jeda waktu Ulangan Semester dengan penyerahan nilai rapor biasanya tidak kurang dari 5 hari, cukup pendek untuk pengolahan nilai, hal ini juga menjadi kendala bagi guru dalam pengolahan nilai.

Berikut kami sampaikan tip sederhana mengkonversi nilai sehingga kita dengan cepat dapat mengubah nilai seperti yang kita inginkan. Pengolahan konversi ini dapat kita laksanakan pada progam pengolah data Microsof Exel.

1. Masukkan semua nilai siswa ke dalam lembar kerja, misalkan nilai ulangan harian 1 (misalkan pada sel C7 – C43, menyesuaikan jumlah siswa pada tulisan ini terdapat 37 siswa)

2. Menghitung Nilai tertinggi (sel C45), nilai terendah(sel C46) dan Rentang nilai (selC47) dengan rumus =C45 – C46, nilai Ulangan Harian

3. Menyiapkan kolom untuk hasil nilai konversi, misalkan sel D7 – D43

4. Sebelum memasukkan rumus konversi pada sel D7 kita perhatikan dulu rumus konversinya sebagai berikut:

Nilai Konversi =

Keterangan :

x = nilai konversi terendah yang kita inginkan

y = nilai asli yang akan dikonversi

a = nilai asli terendah

b = rentang nilai konversi yang diinginkan (nilai tertinggi – nilai terendah)

c = rentang nilai asli (nilai tertinggi – nilai terendah)

5. Rumus di atas kita praktikkan di lembar kerja sebagai berikut:

a. Pointer kita aktifkan pada sel D7.

Misalkan:

1. Jumlah siswa 37 anak

2. Nilai asli tertinggi 76

3. Nilai asli terendah 28

4. Rentang nilai asli = 76 – 28 = 48

kita menginginkan nilai yang akan kita konversi nanti mempunyai:

5. nilai terendah 55

6. nilai tertinggi 88

7. maka rentang nilai konversi = 88 – 55 = 33.

b. Pada sel D7 kita ketik = 55+(C7–28)*33/48

C7 : nilai asli yg akan kita konversi

c. Setelah kita enter pada sel D7 akan muncul hasil nilai konversi (misal nilai asli 34 maka nilai konversi 59)

d. sel D7 kita copy ke sel D8 – D43 akan muncul seluruh hasil nilai konversi sebagai pengecekan bahwa rumus yang sudah kita berikan benar, maka kita bias lihat hasil nilai asli terendah 28 menjadi 55 dan nilai asli tertinggi 76 menjadi 88.

Mudah bukan? Nilai yang kita konversi dapat kita ubah dengan cepat sesuai dengan yang inginkan, misalkan kita menginginkan hasil konversi dengan nilai terendah 60 dan tertinggi 95, maka rentangnya 95 – 60 = 35. Pada sel D7 kita ketik =60+(C7-C46)*35/C47.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar